'WELCOME TO MY BLOG'

Kamis, 18 Desember 2008

Mengenal Musik Perkusi



Alat musik perkusi (disebut pula alat musik pukul atau tabuh) adalah alat musik yang menghasilkan suara dengan dipukul, ditabuh, digoyang, digosok, atau tindakan lain yang membuat objek bergetar, baik dengan suatu alat, tongkat, maupun dengan tangan kosong.
Kata ini berasal dari istilah Latin percussio (yang berarti memukul) dan percussus (kata benda yang berarti "pukulan"). Jenis alat musik yang termasuk kategori ini antara lain adalah Drum Set, Marimba, Timpani, Conga, Kendang, dll.



Berdasarkan jenisnya, alat-alat perkusi dikelompokkan menjadi dua yakni :
a. Perkusi ritmis, adalah : alat-alat musik perkusi yang tidak bernada, antara lain snare drum, bass drum, tom-tom, conga, bongo, cowbell, chymbal, masacas, wood block, guiro, castagnet, cabasa, triangle, dll.
b. Perkusi melodis, adalah : alat-alat musik perkusi yang bernada, antara lain marimba, xylophone, vibraphone, glocken spiele, bell lyra, chimes, crotales, timpani, dll.

Ansamble Perkusi
Ansamble dalam hal ini merupakan salah satu istilah, yakni sekelompok pemain musik yang bermain bersama-sama secara tetap. Sedangkan perkusi itu sendiri berasal dari kata percussion, berarti nama alat-alat musik pukul, dalam kepentingannya dapat melahirkan irama atau peralihan irama.
Dengan demikian yang dimaksud ansamble perkusi adalah sebuah permainan oleh sekelompok pemain musik dengan menggunakan alat-alat musik pukul (percussion).

Ansamble perkusi KESPER (kelompok studi perkusi)
KESPER (kelompok studi perkusi) adalah kelompok ansamble perkusi yang beranggotakan lima belas percussionis asal ISI (Institut Seni Indonesia) Jogja.
Kesper di bentuk sekitar tahun 2000 dibawah naungan seorang dosen perkusi yang bernama Drs. Agus Salim M.Hum.
Kesper sendiri telah mengantongi beberapa prestasi, diantaranya Home Concert 2000, Master Class Percussion 2002, Cisya Kencana Classical Concert, dll.
Beberapa Reportoar (lagu) yang biasa dimainkan oleh KESPER :
a. Overture ( karya : John Beck)
b. Pentatonic Clock ( karya : Willis Charkovsky)
c. Strike Force ( karya : Thomas a Brown)
d. Blue Samba ( karya : Murray Houllif )
e. African Welcome Piece ( karya : Michael Udow)
f. Suita for Drum Set and Percussion Ansamble ( karya : David Mancini)

Tidak ada komentar: